Beberapa Kata Seputar Ruang Bersalin di Korea

Standard

Ruang Bayi di RS Fatima

Menemukan satu dokumen terjemahan beberapa kata yang berhubungan dengan rumah bersalin. Sebagai usaha mempersiapkan diri menjelang persalinan, saya buka website rumah sakit Fatima dan langsung menuju kolom ‘about hospital’. Sengaja saya lakukan supaya sedikit mengenal ‘medan’saat persalinan. Terlebih karena saya belum mampu berbahasa korea dengan baik. Kala itu, di kehamilan 38 minggu saya mempersiapkan dokumen ini. Pikir saya, masih ada lebih dari satu pekan untuk menyelesaikannya. Ternyata, tiga hari berselang saya sudah melahirkan. Dan dokumen ini hanya mencatat beberapa kata yang berhubungan dengan nama ruangan di lantai 3, 4, dan 5. Mudah-mudahan bermanfaat.

양수               = Ketuban

양수가 나와요 = Ketuban pecah

신생아실        = Ruang bayi

모유수유실     = Ruang menyusui

분만대기실     = Ruang tunggu sesaat mau melahirkan [saat kontrasi dirasa]

분만실            = Ruang bersalin

보호자대기실  = Ruang tunggu untuk keluarga yang mengantar

가족분만실     = Ruang keluarga mendampingi lahiran

수술실            = Ruang operasi

회복실            = Ruang pemulihan

의사실            = Ruang dokter

소수술실         = Minor operation room

강당                = Auditorium/lecture hall

복도                = Koridor

병실                = Bangsal

입원실             = Ruang perawatan/kamar inap

간호사실          = Ruang perawat

좌욕실             = Toilet duduk khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan pasca persalinan

Saran saya, sebelum persalinan/saat pemeriksaan kandungan sempatkan waktu sebentar untuk mengenal lebih jauh rumah bersalin yang direncanakan untuk persalinan kelak. Terlebih untuk kita warga asing di sini.

One response »

Leave a Reply

